Berita TerkiniNasionalPolitikTulang Bawang

Ketua DPC Gerindra Hadiri Wayang Kulit dan Ruwat Kampung Gedung Bandar Rahayu

TULANG BAWANG | PotretKasus.com – Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Tulang Bawang Aliasan menghadiri pagelaran pentas seni wayang kulit dan dalam rangka ruwat kampung Gedung Bandar Rahayu Kecamatan Gedung Meneng, malam Selasa (14/08/2023).

Dalam sambutannya, Aliasan menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah bersama-sama menyelenggarakan pentas seni wayang kulit sekaligus ritual bersih kampung yang dikemas dalam peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023.

“Tentunya kita semua berharap momentum ini dapat meningkatkan rasa syukur kita atas segala keberkahan yang Allah SWT berikan kepada kita semua, khususnya bagi seluruh masyarakat Kampung Gedung Bandar Rahayu” ujarnya.

Aliasan menjelaskan, tradisi bersih kampung atau yang biasa kita sebut sebagai sedekah bumi, hakikatnya merupakan metode atau cara para ulama kita dahulu untuk menyatukan berbagai kelompok dari setiap perbedaan.

Setiap tradisi yang baik, apalagi dibuat oleh para wali patut kita lestarikan. Karena tradisi yang diajarkan tersebut semuanya baik, sebab mengandung unsur pemersatu setiap perbedaan budaya di tengah masyarakat.

Oleh karena itu, kegiatan pesta rakyat dan bersih kampung malam hari ini kita harapkan dapat menjadi sarana interaksi sosial seluruh warga masyarakat secara lebih intensif, rangkaian kegiatan bersih kampung ini harus kita jadikan tradisi positif.

“Saya juga mengapresiasi pagelaran Pentas Seni dan Wayang Kulit. Seni pewayangan merupakan warisan budaya yang mesti dipertahankan dan harus kita jaga kelestariannya. Mari kita jaga tradisi kita, dengan gelaran wayang kulit ini, tentunya menjadi penyemarak perayaan HUT ke-778 Kemerdekaan RI,” terang Aliasan.

“Untuk itu mari kita satu padukan dengan semangat dan gotong royong kita bersama, mudah-mudah dengan persatuan dan kebersamaan dan gotong royong apa yang kita harapkan dan inginkan ke depan dalam hal yang lebih baik bisa terwujud demi kemajuan kampung Gedung Bandar Rahayu,” jelasnya lebih lanjut.

Aliasan berharap, seluruh rangkaian acara ini dapat menjadi perekat tali silaturahmi, sehingga terjaga kerukunan dan kebersamaan dengan saling menghargai serta saling menghormati satu sama lainnya.

Terakhir, dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam membangun kampung Gedung Bandar Rahayu dan melestarikan budaya yang ada di daerahnya.

“Saya juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam langkah pembangunan sesuai peran dan kemampuan yang dapat dilakukan. Serta mari kita bersama melestarikan budaya di daerah kita masing-masing,” kata Aliasan. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button